• About
  • Contact

Mengapa Hari Pramuka Jatuh Pada 14 Agustus??

 on Monday 13 August 2018  



Hanifpost – Dikutip hanifpost dari laman resmi Pramuka, sebelum menggema di Indonesia, Pramuka telah berkembang terlebih dahulu di Inggris lewat peminaan remaja yang dilakukan oleh Lord Robert Baden Powell of Gilwell.

Sementara di Indonesia lahirnya Pramuka memiliki sejarah dalam kontribusi dalam perjalanan bangsa, sehingga lahirnya Pramuka di Indonesia turut menyulut berdirinya pergerakan Nasional.
Presiden Sukarno memberikan amanat kepada pimpinan pandu di Istana Merdeka pada 9 Maret 1961. Amanat tersebut bermaksud mengefektifkan kepanduan sebagai komponen penting dalam pembangunan bangsa.

Maka dari itu kehadiran Gerakan Pramuka di Indonesia berhasil mendapat posisi penting di Indonesia bertolak pada ketetapan MPRS No. II/MPRS/1960.

Tunas Kelapa menjadi lambing Pramuka yang sampai saat ini kita kenal dengan kaya akan manfaat untuk kehidupan manusia.

Tunas Kelapa itu disahkan menjadi lambang Pramuka dalam Keppres Nomor 283 Tahun 1961. Kemudian pada 14 Agustus 1961, secara resmi Gerakan Pramuka diperkenalkan kepada masyarakat setelah Presiden Sukarno menganugerahkan Panji Gerakan Pramuka dengan Keppres Nomor 448 tahun 1961.
(hnf/hanifpost)

Mengapa Hari Pramuka Jatuh Pada 14 Agustus?? 4.5 5 Unknown Monday 13 August 2018 Hanifpost – Dikutip hanifpost dari laman resmi Pramuka, sebelum menggema di Indonesia, Pramuka telah berkembang terlebih dahulu di In...


No comments:

Post a Comment

J-Theme